Pantai Temboko Lehi – Pantai Air Panas di Manado

Pantai Temboko Lehi Manado

Pantai Temboko Lehi adalah pantai unik yang ada di Manado. Satu-satunya di Manado bahkan di dunia, pantai yang airnya panas tetapi tidak asin sebagaimana air laut pada umumnya. Dimanakah bisa kita temukan pantai seperti ini? Hanya di pantai Temboko Lehi – Manado!

Lokasi Pantai Air Panas Temboko Manado

Pantai ini berjarak sekitar 137 kilometer dari kota Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara. Begitu jauhnya, maka pantai yang biasa disebut warga setempat dengan Pantai Lehi ini belum banyak tersentuh oleh wisatawan.

Walaupun agak tersembunyi tetap banyak backpacker yang akhirnya berhasil menemukan pantai yang berada di Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) ini.

Perjalanan menuju pantai Temboko Lehi dapat ditempuh dengan kapal antar pulau dari Pelabuhan Manado, dengan lama perjalanan selama 4 jam.

Untuk tiba di Pantai Lehi kamu akan terlebih dahulu merapat di Ondong, Ibukota Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Dari Ondong, kamu akan menuju ke Kampung Mini yang dapat ditempuh dengan Ojek Sepeda Motor dalam waktu 20 menit.

Di Lehi – Mini ini kamu akan menyaksikan salah satu ‘hasil karya’ Gunung Karangetang. Berbeda dengan air panas di daerah lain, air Panas Lehi merupakan hasil pertemuan antara sumber air panas dari Gunung Api Karangetang dengan air laut. Disepanjang pinggiran Pantai Lehi kamu akan menyaksikan uap panas yang selalu menyembul keluar dari air laut di sepanjang pinggiran Pantai Lehi.

Pantai Air Panas di Manado
Berenang di pantai Temboko Lehi,  pantai air panas satu-satunya di Manado!

Saat kamu berjalan-jalan di atas pasir pantai, kamu akan menikmati pemandangan alam yang unik sekaligus indah sambil merasakan kehangatan pasir ditelapak kakimu dan melihat uap panas yang menyembul dan dapat kamu lihat dengan jelas.

Kamu tidak bisa sembarangan berenang di pantai ini karena airnya luamayan panas. Bahkan ikan-ikan pun tidak ada yang dapat mendekat ke tepi pantai karena air yang panas

Buat kamu yang mau berenang dapat menuju ke kolam kecil yang ada disekitar pantai dan memang khusus disediakan bagi wiatawan maupun warga lokal yang berniat berenang ataupun berendam. Airnya hangat, jadi kamu bisa enjoy berendam disana.

Apabila kamu hanya sekadar ingin menikmati panorama pantai dan sekitarnya, kamu dapat mengambil posisi di antara terjalnya tebing-tebing yang seolah memagari sebagian bibir pantai.

Dari sini kamu bisa melihat airnya yang berwarna hijau jernih, ditambah dengan buaian angin laut sambil memandang Pulau Makalehi yang berada tepat di depan pantai air panas Temboko Lehi. Uniknya, Pulau Makalehi tampak seakan-akan mengapung di tengah lautan membiru.

Kendati sebagai pulau terluar di Utara Indonesia, di Pulau Makalehi terdapat keunikan lain, yaitu adanya sebuah danau di tengah-tengah pulau. Danau berbentuk hati itu seperti terperangkap di antara daratan bukit hijau yang mengelilinginya.

Danau di tengah lautan? Wow sungguh unik! Danau ini dikenal sebagai Danau Cinta Makalehi.

Sayangnya lokasi-lokasi lainnya di Pulau Siau yang semestinya layak dijadikan objek wisata berkelas dunia – Pantai Lehi dan Kampung Mini ini tidak digarap secara serius.

Memang, terdapat beberapa bangunan penunjang yang dibangun semasa Siau masih menjadi bagian dari Kabupaten Sangihe Talaud. Tetapi, sumur pemandian dan tempat-tempat duduk pengunjung kini sudah tidak terawat.

Dengan keunikan dan indahnya panorama alam Pantai Lehi akan membuat minus dan minimnya fasilitas wisata di pantai air panas ini tidak terlalu berarti.

So, apakah kamu siap traveling ke Pantai Temboko Lehi? Pantai Air Panas Satu-satunya di Dunia dengan panorama alamnya yang melebihi indahnya Hot Water Beach, Selandia Baru!

Kamu mau belajar bahasa Manado? Baca artikel-artikel ini ya:

sumber: manadobaswara.com

Leave a Reply